Friday, February 24, 2012

cara memilih suncreen yang baik

Kali ini saya akan membagikan tips untuk memilih sunscreen atau krim pelindung kulitmu dari sinar matahari.
1.        Uvb filter / SPF
Untuk melindungi kulitmu dari uvb cek apakah sunscreen anda memiliki kandungan spf (sunscreen protection). Uvb mengakibatkan sunburn / erythema dalam waktu 2-8jam dan kulit menggelap karena uvb merangsang produksi melanin yang akan menggelapkan kulit dalam waktu sekitar 2 hari. Kandungan spf dibawah 15 memberikan perlindungan yang lemah bagi kulit anda, jadi saya sarankan pilihlah spf yang kandungannya diatas 15.
2.        UVA filter / PA
Untuk melindungi kulitmu dari uva cek apakah sunscreen anda mengandung PA(protection grade for UVA). Pilih kandungan minimal pa++ untuk perlindungan kulit tingkat medium. Menurut FDA akan semakin baik bila memberikan perlindungan terbaik bagi kulit anda terhadap sinar UVA. UVA merusak elastisitas dan kolagen pada kulit lapisan dalam.  UVA mengoksidasi melanin yang sudah ada pada lapisan kulit anda sehingga akan memberikan efek tanning yang cepat selain itu UVA meningkatkan potensi melanoma(kanker kulit).
3.        Frekuensi aplikasi sunscreen
Hal yang perlu diperhatikan adalah seberapa sering pengapliaksian sunscreen itu sendiri. Cermatilah kegiatan seperti apa yang akan anda jalani hari ini, aplikasikan sunscreen secara lebih sering apabila sedang melakukan kegiatan outdoor yang panas.
4.       Warna kulit anda
Pigmen kulit anda memberikan perlindungan terhadap sinar uv yang berbeda, sensitifitas kulit terhadap UV di bagi menjadi :
a.        Lightly pigmented
Orang-orang berkulit putih yang memiliki feomelanin, yang harus memberikan ekstra perlindungan bagi kulit mereka terhadap sinar UV karena proteksi alami kulit terhadap UV sangat kurang.
b.       Intermediately pigmented
Orang-orang berkulit kuning seperti orang asia yang rata-rata memiliki pigmen feomelanin yang lebih tinggi daripada eomelanin, Meskipun kulit bisa menggelap sehingga memberikan perlindungan alami bagi kulit terhadap sinar UV, namun kulit mereka tetap bisa terbakar dan rusak akibat sinar UV.
c.        Heavily pigmented
Suku aborigin, orang afrika dan negro merupakan tipe heavily pigmented yang memiliki pigmen eomelanin. Orang-orang ini memiliki proteksi alami yang kuat terhadap sinar matahari sehingga memperkecil kemungkinan kanker kulit.
5.        Pengawet sunscreen
Jika anda ingin memberikan proteksi yang berkualitas baik bagi kulit anda ada baiknya anda mengecek apakah pada produk sunscreen tersebut mengandung parabean untuk pengawet krim tersebut. Sejauh ini penggunaan parabean sebagai alternatif murah bahan pengawet kosmetik masih umum ditemukan pada produk-produk kosmetik, tapi beberapa penelitian mengenai parabean ini tampaknya agak kurang positif (baru sekedar baca belum memahami betul penelitian terkait, so info masih akan diupdate).  Jadi untuk pertimbangan keamanan bagi kulit anda ada baiknya memilih sunscreen yang tidak mengandung parabean yang mungkin dari segi harga akan lebih mahal.

0 comments:

Post a Comment

 

cantik sehat alami Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review